[HOAKS] Nyamuk Wolbachia Disebarkan di Ujungberung Kota Bandung

2 August 2024 - 22:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di Instagram sebuah informasi yang menyebut bahwa pihak berwenang memuluskan agenda Bill Gates untuk menyebarkan nyamuk Wolbachia di Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung.

Namun faktanya, nyamuk Wolbachia tidak ada kaitannya dengan agenda yang direncanakan Bill Gates. Melansir dari tempo.co, Kamis (1/8/24), tidak ada pernyataan bahwa program tersebut agenda dari Bill Gates. Hanya saja, Bill and Melinda Gates Foundation mendanai pekerjaan melalui Program Tantangan Besar dalam Kesehatan Global pada 2004.

Melansir dari laman resmi biofarma.co.id, di Indonesia sendiri telah dilakukan pengujian sejak 2011 hingga 2022 oleh WMP bersama Yayasan Tahija dan Universitas Gadjah Mada. Setelah melewati fase implementasi pada 2022 yang hasilnya menunjukkan adanya penurunan sebesar 77% kasus demam berdarah dan 86% kasus perawatan di rumah sakit di wilayah Yogyakarta.

Mengutip dari laman resmi bandung.go.id, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mengimplementasikan inovasi bakteri Wolbachia ke dalam telur-telur nyamuk Aedes aegypti mengingat Kota Bandung termasuk daerah endemis demam berdarah dengue (DBD) dengan kasus cukup tinggi.

Pemkot Bandung memilih Kecamatan Ujungberung sebagai wilayah pilot project karena termasuk dalam 10 kecamatan dengan kasus DBD terbanyak di Kota Bandung tahun 2022.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment