[Hoaks] Menkes Promosikan Produk Penurun Berat Badan

25 July 2023 - 19:00 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beredar postingan di Facebook dengan pembahasan mengenai sokongan (endorse) Menteri Kesehatan terhadap suatu produk yang diklaim dapat menurunkan berat badan tanpa efek samping. Postingan tersebut juga disertai tautan tombol "Info lebih lanjut" dan video pernyataan dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Faktanya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Instagram resminya @kemenkes_ri, mengonfirmasi bahwa informasi yang beredar adalah tidak benar. Menteri Kesehatan maupun Kementerian Kesehatan tidak pernah memberikan sokongan kepada produk apa pun di media sosial.

Baca Juga:  [Disinformasi] Pinjaman Dana Online antara Indonesia-Malaysia Mengatasnamakan Bank Indonesia

Video pernyataan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang beredar disinyalir sudah dimanipulasi/edit. Masyarakat diimbau untuk tidak mudah percaya dengan informasi palsu dari sumber yang tidak kredibel atau tidak terpercaya yang mengatasnamakan Menkes atau Kemenkes.

Kesimpulan, sokongan (endorse) Menteri Kesehatan terhadap suatu produk yang diklaim dapat menurunkan berat badan tanpa efek samping adalah tidak benar/ hoaks.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment