[Hoaks] Menhan Prabowo Subianto Ganti Posisi Gibran Rakabuming Raka usai Menggunakan Ijazah Palsu

25 November 2023 - 08:00 WIB
Foto : Kominfo.go.id

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beredar postingan video di media sosial Youtube dengan klaim bahwa Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto mengganti posisi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) karena gunakan ijazah palsu.

Dalam postingan tersebut turut menampilkan gambar Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dengan narasi “Modyarrrr..!! DI COPOT & DI USIR DARI GOLKAR. PRABOWO DAN SEMUANYA KECEWA SAAT TAU IJAZAH GIBRAN PALSU”.

Baca Juga: Kapolda Jambi Ajak Bijak Bermedsos untuk Ciptakan Pemilu Damai

Faktanya, dilansir dari kompas.com, klaim yang menyebutkan Prabowo Subianto mengganti posisi Gibran Rakabuming Raka sebagai bacawapres karena gunakan ijazah palsu adalah tidak benar.

Setelah dilakukan pengamatan dalam video tersebut tidak ditemukan informasi yang kredibel terkait klaim yang beredar. Adapun pemberitaan atas ijazah palsu tersebut telah Gibran Rakabuming Raka tanggapi dengan menunjukkan dua dokumen kepada wartawan di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah

Dua dokumen tersebut merupakan ijazah dari University of Bradford dan surat keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan tentang Hasil Penilaian Kesetaraan Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri atas namanya.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment