[Hoaks] Ketua Majelis Syuro Partai Umat Amien Rais Divonis Hukuman Seumur Hidup usai Mengkritik Presiden

1 August 2023 - 08:30 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jatim. Beredar postingan video di Youtube dengan klaim Ketua Majelis Syuro Partai Umat Amien Rais divonis hukuman seumur hidup karena mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam postingan tersebut turut disertai judul "Akik Tua Amin Rais Langsung Panik Ketakutan Setelah Di Jatuhi Hukuman Ini". Pada postingan terdapat thumbnail yang menampilkan gambar Amien Rais menggunakan baju berwarna oranye dan dikawal oleh aparat kepolisian. 

Baca Juga:  [Hoaks] 373 Kabupaten Serentak untuk Deklarasikan Anies Baswesdan sebagai Presiden

Faktanya, dilansir dari kominfo.go.id, klaim dalam unggahan video tersebut adalah keliru karena judul video yang beredar dengan isi video tidak selaras. Narator dalam video membacakan artikel yang termuat dalam salah satu situs berjudul "Sosok Ini Pasang Badan! Amien Rais Dijamin Bakal Mingkem Usai Ngomong Kibarkan Jihad Melawan Jokowi" yang diunggah pada 14 Juni 2023. 

Hingga saat ini, tidak ditemukan informasi valid yang membuktikan bahwa Amien Rais divonis hukuman seumur hidup oleh pengadilan.

Kesimpulan, video di Youtube dengan klaim Ketua Majelis Syuro Partai Umat Amien Rais divonis hukuman seumur hidup karena mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah informasi yang tidak benar/ hoaks.

(as/pr/nm)


Share this post

Sign in to leave a comment