[Hoaks] Indonesia Bersama Rusia dan Iran Bersekutu untuk Serang Israel

21 November 2023 - 09:45 WIB
Foto : Kominfo.go.id

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan klaim bahwa ndonesia memutuskan bergabung dengan Rusia dan Iran untuk menyerang Israel. Dalam narasi yang beredar, serangan itu terkait dengan konflik Israel dan Palestina di Gaza.

Akun bernama "Suara Surga" tersebut turut menyebutkan Indonesia memutuskan bergabung dengan Rusia dan Iran untuk menyerang Israel.

Baca Juga: Hasil Race MotoGP Qatar 2023: Pembalap Gresini Racing Fabio Di Giannantonio Juara

Dalam video yang beredar di Facebook tersebut sang narator juga menyertakan narasi yang menginformasikan "Indonesia Putuskan Gabung ! Rusia dan iran BanTu Serang israel," tulis akun Facebook "Suara Surga".

Faktanya, dilansir dari kompas.com, klaim soal Indonesia bergabung dengan Rusia dan Iran untuk menyerang Israel adalah keliru. 

Sang Narator hanya menyampaikan opini soal negara-negara Arab yang lebih memilih untuk berpihak ke Israel karena memiliki kedekatan dengan Amerika Serikat (AS). 

Namun, tidak ada penjelasan soal bergabungnya Indonesia dengan negara-negara tersebut untuk menyerang Israel. Rusia dan Iran memang mendukung Palestina, tetapi tidak ada pernyataan resmi dari kedua negara tersebut untuk bergabung dengan Indonesia untuk menyerang Israel.

(As/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment