[HOAKS] Dana Cadangan IKN adalah Kebohongan

8 August 2024 - 22:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di Youtube sebuah unggahan video yang mengeklaim bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) temukan kebohongan dana cadangan Ibu Kota Nusantara (IKN). Video tersebut diunggah pada 10 Juni 2024.

Namun faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah tidak benar. Melansir dari cekfakta.com, Senin (6/8/24), setelah ditelusuri, gambar thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar berbeda yang digabung menjadi satu. Beberapa cuplikan yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim pada narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari kompas.com berjudul "Disemprot DPR Pakai Dana PEN Buat IKN Baru, Ini Jawaban Sri Mulyani". Artikel tersebut membahas tentang Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menanggapi kritik DPR RI ketika berencana menggunakan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment