[HOAKS] Dalam Rangka HUT RI, BRI Bagikan Undian Berhadiah

19 August 2024 - 07:15 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di Facebook sebuah unggahan yang memuat informasi soal undian berhadiah yang diadakan oleh beberapa bank, diantaranya termasuk Bank Rakyat Indonesia atau BRI. Beberapa akun Facebook mengunggah klaim ini dengan mengatanasnamakan BRI disertai embel-embel momen 17 Agustus, seperti “BRImo 17 Agustus”, “FSTVL BRI 17Agustus” dan “Promo 17 Agustus Brimo Festival”.

Namun faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah tidak benar. Melansir dari cekfakta.com, Kamis (15/8/24), setelah ditelusuri tautan pendaftaran undian yang beredar dengan mesin pelacak situs WhereGoes. Ditemukan bahwa situs tersebut tidak mengarah ke laman atau akun media sosial resmi dari BRI.

Saat mengecek akun Instagram resmi @bankbri_id, tim cek fakta juga tidak menemukan acara undian berhadiah seperti yang disebutkan dalam unggahan. Akun Facebook resmi BRI juga tidak seperti yang berseliweran, melainkan bernama “Bank BRI” yang telah terverifikasi dan mendapat tanda centang biru.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment