[HOAKS] Cina Sandera APBN RI Sebesar Rp266 Miliar selama 30 Tahun

4 August 2024 - 21:15 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di Youtube sebuah video yang mengeklaim Cina menyendera Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Republik Indonesia sebesar Rp266 miliar rupiah setiap bulan selama 30 tahun.

Video yang diunggah pada tanggal 29 Juli 2024 tersebut menampilkan gambar thumbnail Presiden Jokowi berjabat tangan dengan Presiden Cina Xi Jinping berlatar belakang kereta cepat Whoosh.

Namun faktanya, narasi dengan klaim Cina sandera APBN RI sebanyak Rp266 miliar rupiah per bulan selama 30 tahun adalah keliru. Melansir dari turnbackhoax.id, Sabtu (3/8/24), thumbnail yang menampilkan Presiden Jokowi berjabat tangan dengan Presiden Cina Xi Jinping tersebut merupakan momen ketika keduanya bertemu dalam pertemuan bilateral yang digelar di sela KTT APEC. Pertemuan dihelat di Hotel Stanley, Port Moresby pada Sabtu, 17 November 2018.

Tak hanya itu, thumbnail yang menampilkan kereta cepat Whoosh tersebut identik dengan gambar yang dimuat dalam artikel detik.com berjudul “Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tak Disubsidi, Siapkan Uang Segini”. Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari cnnindonesia.com berjudul “Memetik Pelajaran Berharga dari Rugi WIKA, Whoosh dan MRT Jakarta”.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment