[HOAKS] Buah Pala dan Gula Batu Dapat Atasi Jantung Berdebar

1 September 2024 - 07:15 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di Facebook sebuah video dengan narasi "Obati Jantung yg Berdebar Kencang Pakai Ini !". Video tersebut telah dilihat sebanyak 16.000 kali, disukai sebanyak 189 kali, dan dibagikan ulang sebanyak 22 kali.

Namun faktanya, melansir dari turnbackhoax.id, Selasa (27/8/24), penggunaan biji pala dan gula batu untuk mengobati jantung berdebar (palpitasi) tidak didukung oleh bukti medis yang kuat.

Meskipun biji pala memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti sifat antibakteri, antimikroba, dan antiradang, serta kemampuannya mengontrol gula darah dan mengurangi peradangan, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaannya untuk mengatasi jantung berdebar.

Dilansir dari Alodokter.com, biji pala yang dikonsumsi dalam jumlah sewajarnya tidaklah berbahaya. Namun, mengonsumsi biji pala secara berlebihan atau dikombinasikan dengan obat-obatan tertentu tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti halusinasi, jantung berdebar, mual, muntah, hingga kematian.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment