[HOAKS] Bongkar Kasus Vina Cirebon dan Bandar Sabu, Jokowi Resmikan TNI Bantu Kapolri

11 July 2024 - 19:06 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di Youtube unggahan video dengan narasi yang mengeklaim Presiden Jokowi resmikan TNI bantu Kapolri bongkar kasus Vina Cirebon dan bandar sabu. Video tersebut disertai thumbnail yang menampilkan Panglima TNI, Agus Subiyanto bersama Kapolri, Listyo Sigit Prabowo sedang berjabat tangan.

Melansir dari turnbackhoax.id, Rabu (10/7/24), berdasarkan hasil penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar yang digabung menjadi satu.

Adapun itu, narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari tvonenews.com berjudul “Denny Darko Si Ahli Tarot Ramalkan Kasus Vina Cirebon Masih Jauh dari Selesai: Akankah Pegi Setiawan Dibebaskan?”. Artikel tersebut membahas tentang video terbaru Denny Darko yang diunggah pada tanggal 30 Juni 2024 di kanal YouTube miliknya.

Namun, tidak ditemukan pemberitaan terkait Presiden Jokowi resmikan TNI bantu Kapolri bongkar kasus Vina Cirebon dan bandar sabu sebagaimana klaim yang beredar.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment