[HOAKS] Belimbing Wuluh Dapat Sembuhkan Mata Buram

29 August 2024 - 07:15 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di Facebook sebuah unggahan yang berisikan konten Reels dengan narasi "cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk mata buram jadi terang. Cukup konsumsi rutin belimbing wuluh setiap hari atau bisa dengan cara merebus dan meminum air rebusannya karena manfaat dari buah belimbing wuluh ini bisa membantu menerangkan mata buram anda."

Namun faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah tidak benar. Melansir dari tirto.id, Minggu (25/8/24), Dokter Nurul Fajriah Afiatunnisa, dari Praktek Mandiri Dokter Nurul Rangkasbitung, menjelaskan bahwa konsumsi belimbing wuluh secara rutin setiap hari dapat menyembuhkan mata buram adalah tidak tepat.

Hal ini dikarenakan, belum ada bukti penjelasan ilmiah dan medis yang menyebut bahwa konsumsi belimbing wuluh secara rutin dapat menyembuhkan mata buram. Mengonsumsi belimbing wuluh tidak akan menyelesaikan permasalahan mata buram. Sehingga, tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya tanpa mengetahui tujuan dan manfaatnya. Penanganan mata buram harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment