[HOAKS] Aparat Tewas saat Amankan Aksi Demo

2 September 2024 - 17:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di YouTube sebuah video yang dengan narasi "Kabar Akurat menyajikan infotama news, news, berita terbaru, berita terkini, breaking news, jokowi, berita terbaru hari ini, pemilu 2024, pilpres 2024 #kabarakurat #infotamanews #news #beritaterbaru #beritaterkini #breakingnews #beritaterbaruhariini #jokowi #pemilu2024 #pilpres2024".

Video berdurasi 8 menit 23 detik yang diunggah pada tanggal 27 Agustus 2024 tersebut telah dilihat oleh 7.600 pengguna.

Namun faktanya, video pada unggahan tersebut adalah tidak benar. Melansir dari turnbackhoax.id, Sabtu (31/8/24), video tersebut hanya membahas tentang aksi demo BEM SI pada 22 Juli 2024 lalu. Dan dalam aksi ini tidak disebutkan tentang adanya aparat yang merenggut nyawa seperti yang disebut dalam judul video.

Menurut Koordinator Forum Perempuan BEM SI, Finkan Sri Pratiwi Rambe yang dirilis pada tribunkaltim.co, beberapa peserta terluka karena mendapat pukulan dari polisi ketika berusaha bertahan di samping Patung Arjuna Wijaya.

Sementara itu, Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro membantah ada anggotanya yang melakukan pemukulan. Gambar thumbnail yang digunakan video tersebut berasal dari foto artikel Tagar.id berjudul, “Foto: Saling Serang Pendemo dengan Aparat Kepolisian” yang diunggah pada tahun 2019 lalu.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment