Elon Mask: PLTS Jadi Solusi Persoalan Krisis Air

20 May 2024 - 10:14 WIB
Dokumentasi Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Bali. CEO Tesla Inc. dan SpaceX, Elon Musk, menilai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan krisis ketersediaan air global. Sebab, PLTS mempunyai potensi sebagai penyumbang energi baru terbarukan (EBT) yang lebih murah serta efektif untuk proses desalinasi air laut guna menyediakan air bersih.

Ia menjelaskan, pihaknya terus melakukan terobosan dalam efisiensi desalinas. Menurut Elon Musk, desalinasi dapat diterapkan dengan efektif dan murah apabila memanfaatkan energi matahari.

“Saya rasa kami sudah melakukannya. Kita mempunyai masa depan air yang baik, dan saya pikir masa depan energi berkelanjutan yang baik juga ada di depan kita," jelasnya dikuti dari Antara, Senin (20/5/24).

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini Untuk Wilayah Jakarta

Ia mengungkapkan, harga baterai untuk menyimpan energi juga turun drastis. Terlebih, biaya penyimpanan listrik dengan baterai telah turun 10 kali lipat dalam lima tahun terakhir.

Dirinci Elon, PLTS dapat menghasilkan sekitar satu gigawatt (GW) per kilometer (km) persegi yang didapat dari sinar radiasi matahari di permukaan. Meskipun, matahari tidak selalu bersinar setiap waktu.

“Jadi ketika Anda menjaring semuanya, berapa banyak energi per hari yang dihasilkan satu kilometer persegi? Kira-kira satu gigawatt per kilometer persegi, per hari. Itu merupakan jumlah yang cukup banyak,” ujar Elon.

(ay/hn/nm)

in

Share this post

Sign in to leave a comment