Disinformasi, Vidio Amatir Penampakan Kota Ghaib Saranjana Terekam

11 February 2023 - 17:00 WIB
Kominfo.go.id

Tribratanews.tribratanews.com - Ramai postingan video di Youtube tentang penampakan Kota Gaib Saranjana. Video itu diambil menggunakan kamera ponsel Nokia 3660 antara tahun 2003-2004. 

Dalam video tersebut menunjukkan seorang anak kecil di sebuah lokasi. Di mana pemandangan di sekitar anak tersebut kemudian berubah menjadi pemandangan dengan suasana futuristik.

Baca juga : Hoax! Video Pencobaan Penculikan Anak di Natar

Penampakan yang tidak sengaja tertangkap kamera ponsel tersebut diklaim sebagai pemandangan Kota Gaib Saranjana di Kalimantan Selatan.

Faktanya dilansir dari Kominfo.go.id, Jumat (10/2/23), bagian video saat pemandangan tiba-tiba berubah bukanlah hasil suntingan, melainkan terekam menggunakan efek kamera Facebook “Mass Effect Andromeda” yang sempat tren di tahun 2017.

Ketika diteliti lebih lanjut, video tersebut merupakan video rekaman live di Facebook. Karena beberapa kali mengalami lagging (gambar tertunda atau delay) yang biasanya disebabkan masalah internet yang tidak stabil. 

Ketidaksesuaian klaim lainnya adalah video direkam di Kalimantan Selatan, wilayah yang diyakini sebagai lokasi keberadaan Kota Saranjana. Sedangkan komunikasi yang digunakan dalam video menggunakan dialek Gorontalo. 

Sehingga fakta tersebut juga mematahkan klaim video direkam dengan menggunakan kamera ponsel Nokia 3660 antara tahun 2003-2004. Karena di tahun-tahun tersebut belum ada efek kamera Facebook, belum bisa live streaming di media sosial. Bahkan, Facebook baru didirikan pada 2004. Aspek rasio atau format video 16:9 juga baru umum digunakan mulai tahun 2009.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment