[Disinformasi] Presiden RI Jokowi Tunjuk Erick Thohir Dampingi Ganjar di Pilpres 2024

10 August 2023 - 22:00 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan klaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk langsung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti. Postingan tersebut disertai dengan video Presiden Jokowi saat sedang menjabat tangan Erick Thohir.

Faktanya, video yang beredar pada unggahan tersebut merupakan hasil rekayasa digital. Narator membacakan artikel berjudul "Pasangan Ganjar-Erick Thohir Terpopuler di Seluruh Skema Pasangan Pilpres" dari laman republika.co.id. Artikel tersebut memuat pernyataan pengamat politik, Ray Rangkuti yang menilai peluang Ganjar dan Erick untuk unggul di Pilpres 2024 akan tinggi jika dipasangkan.

Baca Juga:  Ahli: Karyawan Bergaji Kecil Lebih Berisiko Terkena Sakit Jantung

Video yang beredar sama sekali tidak memuat klaim bahwa Erick resmi menjadi cawapres Ganjar.

Kesimpulan, video dengan klaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk langsung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 adalah informasi yang keliru/ disinformasi.

(as/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment