[Disinformasi] Postingan Video Adanya Peredaran Beras Palsu Asal Cina di Indonesia

3 September 2023 - 13:11 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan klaim adanya peredaran beras palsu asal Cina di Indonesia. Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 31 Agustus 2023. Video tersebut turut menampilkan seorang TNI sedang mempertanyakan keaslian beras di sebuah warung makan.

Faktanya, dalam video tersebut terdapat pernyataan Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Kota Kendari Made Guyasa yang menjelaskan beras dalam video itu merupakan beras resmi yang beredar di pasaran. Dia menambahkan, beras itu aman dikonsumsi.

Baca Juga:  [Disinformasi] Data CDC Tunjukan 99% Kematian Covid Bukan Karena Virus

Selain itu, juga terdapat pernyataan ahli Balitbang Kementerian Pertanian, Djoko Said Darmajati yang menjelaskan bahwa semakin tinggi kandungan amilopektin dalam beras, maka nasi akan mudah melenting saat dibanting. Beras jenis ini bisa dengan mudah ditemui di pasaran. Di sisi lain sosok seorang TNI dalam video tersebut bernama Kopda Harmin. Ia juga mengklarifikasi dan meminta maaf atas beredarnya video tersebut.

Kesimpulan, postingan video di Facebook dengan klaim adanya peredaran beras palsu asal Cina di Indonesia adalah informasi yang keliru/disinformasi.

(as/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment