[Disinformasi] DPR dan MPR Resmi Deklarasikan Anies-AHY Gantikan Jokowi

20 September 2023 - 07:15 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beredar postingan video di Youtube dengan klaim Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) deklarasikan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai presiden dan wakil presiden untuk menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam video tersebut turut disertai thumbnail yang menampilkan suasana ruang sidang DPR yang menghadirkan Anies Baswedan bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPR Puan Maharani.

Baca Juga:  Jelang MotoGP 2023, Sirkuit Mandalika Ditutup untuk Umum

Faktanya, dilansir dari turnbackhoax.id, tidak ada informasi valid mengenai klaim yang dituliskan pada video. Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel yang diunggah Suara Sumut dengan judul “Anies Baswedan Berpeluang Menang Pilpres 2024 Jika Duet dengan Sosok Ini” dan artikel Vox Timur dengan judul “Prediksi Pengamat, Jika Duet Anies dan AHY Akan Seperti SBY-JK di Pilpres 2004”.

Tidak ada informasi yang kredibel mengenai deklarasi Anies-AHY sebagai presiden dan wakil presiden untuk gantikan Jokowi.

Dapat dipastikan video yang beredar di media sosial Youtube tersebut merupakan informasi yang menyesatkan/salah.

(as/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment