5 Makanan Khas Balikpapan yang Menggugah Selera dan Wajib Dicicipi

18 October 2022 - 19:36 WIB
merdeka.com

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Indonesia merupakan negara yang kaya dengan unsur budaya dan juga memiliki kuliner yang khas. Salah satu kota yang memiliki banyak makanan khas adalah Balikpapan. Di balik pesona keindahan Balikpapan, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota ini lalu tak mencicipi makanan khasnya yang lezat dan menggugah selera.

Makanan dari Balikpapan beraneka ragam, mulai dari makanan yang manis hingga yang gurih. Berikut beberapa makanan khas dari Balikpapan yang wajib dicoba, seperti yang dikutip dari merdeka.com, Selasa (18/10/22).

1. Pisang Gapit
Pisang gapit atau pisang jepit ini merupakan makanan khas Balikpapan yang telah populer dan banyak dikenal orang. Olahan yang berasal dari pisang ini umumnya diproses dengan dibakar lalu dijepit dengan kayu hingga matang.

2. Roti Mantau
Roti mantau ini dibuat dengan cara digoreng. Selain itu, jika roti pada umumnya bercita rasa manis, roti mantau ini justru disajikan dengan saus balado ataupun saus lada hitam yang gurih.

3. Onde-Onde Ubi Ungu
Makanan khas Balikpapan yang selanjutnya adalah onde-onde yang terbuat dari ubi ungu. Bila kebanyakan onde-onde telah mainstream dibuat dari kacang hijau, di Balikpapan kuliner ini menjadi unik karena dibuat dari ubi ungu. Hal itu yang menjadi salah satu ketertarikan wisatawan untuk mencicipi kuliner ini.

4. Bingka Kentang
Makanan khas Balikpapan yang selanjutnya adalah bingka kentang. Disebut demikian karena memang salah satu bahan yang digunakan dalam kuliner ini bahan utamanya adalah dengan menggunakan kentang.

5. Bubur Gunting
Makanan ini diolah dari tepung ketan. Dalam proses pembuatannya, adonan dari makanan ini nantinya digunting-gunting sebelum dimasak dengan rebusan kuah santan serta gula merah.

6. Abon Kepiting
Jika kamu biasanya telah familiar dengan bahan dasar abon yang dibuat dari daging ayam ataupun sapi, makanan khas Balikpapan satu ini memang terdengar asing.
Abon yang ada di Balikpapan biasanya diolah dari daging kepiting. Sepertinya hal itulah yang membuat kuliner ini dianggap beda dari abon yang ada kebanyakan. Cita rasa gurih yang ada dalam makanan ini membuat abon kepiting telah sangat dikenal.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment