Wujudkan Keamanan di Lingkungan Industri, Korbinmas Baharkam Polri Buka Pelatihan Gada Utama di Pekanbaru

16 November 2024 - 15:36 WIB
www.tribratanews.com - Pekanbaru. Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen Pol Edy Murbowo, S.IK,M.Si membuka pendidikan dan pelatihan Gada Utama yang dilakukan oleh PT Amanah Nusa Garda Perkasa di Provinsi Riau, Senin (15/11/21).

Wakapolda Riau, Brigjen Pol Tabana Bangun Msi dalam sambutannya mengatakan bahwa keamanan di Indonesia khususnya Provinsi Riau, dari sektor usaha, ekonomi, komponen pendukung daripada upaya mewujudkan kesejahteraan bangsa terutama di sektor keamanan di lingkungan industri, memerlukan sumber daya manusia, agar terjaga rasa aman, salah satunya adalah satpam atau security.

"Dalam pelatihan ini, ikuti sebaik - baiknya, kepada para narasumber, kami harap untuk bisa memberikan wawasan dan pengetahuan ke peserta dengan baik. Keikutsertaan masyarakat dalam menjaga keamanan memang diperlukan, salah satunya adalah pelatihan Gada Utama ini," terang Jenderal Bintang Satu.

Sementara itu, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen Pol. Edy Murbowo, S.IK,M.Si., menjelaskan, bahwa satpam memang harus mengikuti pelatihan dan uji kompetensi, agar tidak terjadi salah bertindak dan melangkah.

"Uji kompetensi itu memang sudah diatur, diterjemahkan dalam kurikulum pelatihan, silabus dan modul yang kita siapkan. Satpam adalah penerima delegasi kewenangan Polri secara terbatas di tempat kerjanya Satpam, perpanjangan tangan Polri dalam penangangan keamanan swakarsa di tempat dan objek yang perlu kehadiran mereka. Jadi, satpam ini adalah penting, dalam bersama menjaga Kamtibmas," tutur Brigjen Pol. Edy Murbowo, S.IK,M.Si.,.

Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri menuturkan tujuan utama dalam Gada Utama ini adalah, menciptakan satpam yang memiliki mental, pengetahuan, fisik dan manajerial, yang meliputi kemampuan analisis tugas dan kekuatan.

"Yang penting juga, pemecahan masalah dalam tugas dan tanggung jawab," tutur Jenderal Bintang Satu.

(ym/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment