Wapres Minta KPU Perkuat dan Benahi Instansi

9 July 2024 - 19:04 WIB
Dokumentasi Setwapres

Tribratanews.tribratanews.com - Bogor. Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) bebenah diri dengan memperkuat kelembagaan, sistem, dan personel yang dimiliki agar penyelenggaraan pilkada serentak dapat berjalan dengan baik.

“Pilkada kan sudah menjadi agenda nasional dan tidak mungkin membentuk KPU baru ya. Dikuatkan saja KPU yang ada, dan hal-hal yang masih kurang ya dibetulkan,” jelas Wapres dalam keterangan persnya usai meresmikan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung, di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400, Jalan Tol Cimanggis–Cibitung, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (9/7/24).

Baca Juga: Polda Lampung Beberkan Hubungan Pelaku Penembakan Dengan Korban

Lebih lanjut Wapres mengingatkan, kinerja KPU merupakan kerja sebuah tim, bukan perorangan. Sehingga, apabila ada yang melakukan tindakan melenceng, tidak dapat diartikan mewakili institusi.

“KPU itu kan tim ya. Kerjanya KPU itu bukan perorangan, tim. Ketika ada oknum kemudian terkena kasus, tidak berarti seluruh terkena [kasus] kan ya, yang bersalah saja,” ungkap Wapres.

Wapres pun mengimbau agar jajaran personel KPU memberikan komitmen terbaik dalam penyelenggaraan pilkada serentak mendatang agar proses berjalan lancar dan tidak ada kecurangan, serta kasus hukum yang melibatkan oknum di dalamnya tidak menjadi penghalang maupun cerminan kinerja dari lembaga penyelenggara pemilu. Sehingga KPU dapat lebih lengkap dan kuat.

“Kalau perlu ditambah, misalnya penyelenggaraan pilkadanya, lebih penting saya kira itu,” jelasnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment