Setwapres: Angka Stunting 5 Provinsi di Indonesia di Atas 30 Persen, Tertinggi Papua Tengah

11 September 2024 - 09:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Suprayoga Hadi menyatakan masih ada lima provinsi di Indonesia dengan prevalensi stunting di atas 30 persen.

“Masih ada lima provinsi yang masih mempunyai prevalensi di atas 30 persen, dan ini memerlukan perhatian serta penanganan khusus yang mendasar," ujar Deputi Suprayoga, Selasa (10/9/24).

Ia menjelaskan, lima provinsi yang masih memerlukan perhatian serta penanganan khusus yang mendasar yaitu Papua Tengah (39,4 persen), NTT (37,9 persen), Papua Pegunungan (37,3 persen), Papua Barat Daya (31 persen), Sulawesi Barat (30,3 persen), dan Sulawesi Tenggara (30 persen).

Karena itu, Deputi Suprayoga menekankan pentingnya peran tim pendamping keluarga (TPK) di lima provinsi tersebut dalam mendampingi dan memberi edukasi pada keluarga berisiko stunting, sehingga dapat lebih efektif untuk mempercepat penurunan stunting.

Namun, ia tetap mengapresiasi penurunan stunting selama lima tahun terakhir, di mana sejak 2018 hingga 2023, Indonesia telah berhasil menurunkan prevalensi stunting sebesar 9,3 persen.

“Ini merupakan capaian yang sangat signifikan dan diharapkan bisa berlanjut di periode-periode mendatang, walaupun kita masih mempunyai satu tanggung jawab untuk bisa mencapai upaya penurunan stunting sampai 14 persen di tahun 2024 ini,” ujar Deputi Suprayoga.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment