Rumah Sakit Polri Fokus Lakukan Pemulihan Pascaoperasi Sinta Aulia

3 March 2022 - 11:28 WIB
www.tribratanews.com - Jakarta. Rumah Sakit Polri tengah fokus melakukan pemulihan pascaoperasi Sinta Aulia Maulidyah (10), anak penderita tumor tulang di kaki yang mendapatkan atensi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) RS Polri, Brigjen Pol. Asep Hendradiana mengatakan bahwa kondisi Sinta Aulia semakin membaik di hari ketujuh setelah menjalani operasi hip disartikulasi (amputasi sendi panggul kiri).

“Hari perawatan ke-7 pascaoperasi, Alhamdulillah kondisi ananda Sinta Aulia sekarang sudah dalam proses penyembuhan, baik itu luka operasinya maupun psikologinya,” terang Jenderal Bintang Satu di Gedung STIK - PTIK, Jakarta Selatan, Rabu, (02/03/22).

Brigjen Pol. Asep Hendradiana menjelaskan dalam penanganan pengobatan Sinta Aulia, maka Tim Dokter RS Polri bekerja sama dengan sejumlah dokter ahli dan spesialis orthopedi dan tumor dari RSCM, RSPAD, RS Kanker Dharmais, dan RSCC Siloam. Selain itu melibatkan psikologi anak.

Karumkit RS Polri mengatakan Sinta Aulia diharuskan mengikuti kemoterapi untuk menghilangkan sel-sel tumor yang ada di dalam tubuhnya.

Proses kemoterapi akan berlangsung selama 3-4 minggu lamanya. Kemoterapi dapat dilaksanakan di Jakarta atau di kampung halamannya di Rembang, Jawa Tengah.

“Setelah hari ketujuh ini, rencananya minggu kedua nanti akan kami coba mulai untuk perawatan berikutnya, karena pascaoperasi akan ditindaklanjuti dengan pengobatan kemoterapi,” Mantan Sespusdokkes Polri.

Menurut Lulusan Sepa Tahun 1993 tersebut bahwa Sinta Aulia dapat mengikuti kemoterapi di kediamannya di Rembang. 

Polri akan memfasilitasi dan menunjuk RS Bhayangkara di Jawa Tengah maupun Jawa Timur untuk melayani.

“Pada prinsipnya saat ini tengah berupaya untuk meningkatkan lagi perbaikan nutrisi dan gizinya sehingga nanti pengobatan kemoterapi siap dilaksanakan,” tutup Brigjen Pol. Asep Hendradiana

Share this post

Sign in to leave a comment