Punya 113 Mutasi, Jakarta Disebut Kota Covid Paling Bermutasi di Dunia

31 July 2023 - 08:30 WIB
Ilustrasi

www.tribratanews.com - Jakarta. Seorang pasien Covid-19 di Jakarta disebut menjadi orang dengan mutasi virus SARS-COV-2 terbanyak di dunia. Strain tersebut merupakan varian Covid-19 Delta dengan 113 mutasi.

Prof. Lawrence Young ahli virologi di Universitas Warwick mengatakan, temuan tersebut terihat dari database genomik Covid-19 global pada awal bulan ini. Diduga mutasi tersebut berasal dari kasus infeksi kronis.
Baca Juga: Polwan Polda Jatim Asal Pasuruan Menjadi Lulusan Terbaik Akademi Kepolisian di Turki

"Virus ini terus mengejutkan kita dan berpuas diri itu berbahaya. Ini menyoroti masalah 'hidup dengan virus'," ujar Prof. Young dikutip dari DailyMail, Minggu (30/7/23).

Menanggapi temuan tersebut, Kepala Biro Komunikasi Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, temuan mutasi tersebut tidak menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di Jakarta.

"Saat ini belum ada data apakah mutasi tersebut menyebabkan fatalitas meningkat karena ini penelitan yang pasiennya sudah tidak dalam perawatan lagi," ungkap dr. Nadia.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya tetap melakukan genomic survailans untuk mencatat kasus-kasus yang terjadi di Indonesia di masa endemi.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment