Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah Pastikan Angka Inflasi di Wilayahnya

11 July 2024 - 12:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Presiden Joko Widodo meminta para kepala daerah, termasuk bupati, untuk memastikan angka inflasi di daerahnya sebelum dirinya berkunjung ke daerah tersebut.

Presiden Jokowi menyinggung masih ada bupati yang tidak tahu tingkat inflasi di daerah yang dikelolanya.

"Kalau saya ke daerah pasti masuk pasar, bupati saya tanya inflasinya berapa bulan kemarin. Jadi kalau yang saya tanya enggak bisa jawab mohon maaf, masih ada satu dua (bupati)," ujar Presiden Jokowi, Rabu (10/7/24).

Presiden Jokowi menjelaskan, dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke daerah, pasar setempat akan menjadi salah satu lokasi yang ia tuju untuk meninjau harga bahan pokok, terutama beras, bawang merah dan cabai yang sering bergejolak.

Oleh karena itu, ia meminta para bupati yang daerahnya akan dikunjungi Presiden untuk terlebih dahulu memastikan angka inflasi ke Bank Indonesia maupun Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

"Tolong sebelum saya masuk kabupaten, (bupati) bertanya dulu ke BI inflasinya berapa, ke TPID inflasinya berapa, pasti saya tanya harga-harga, pasti juga saya tanya entah beras, bawang merah, cabai, yang sering naik kan barang-barang itu, yang lain relatif stabil," tegas Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi memaparkan perekonomian Indonesia masih tetap tumbuh sebesar 5,11 persen pada kuartal I-2024, di tengah kondisi geopolitik dan tantangan global. Menurutnya, dengan tantangan yang dihadapi seluruh negara di dunia, sangat sulit sebuah negara bertahan dengan pertumbuhan di atas 5 persen.

Inflasi nasional, kata Presiden Jokowi, juga mampu dikendalikan pada level 2,5 persen bulan Juni. Ia pun mengapresiasi kinerja pemerintah daerah yang mampu mengendalikan inflasi dan meminta agar kepala daerah terus meninjau harga bahan pokok secara berkala.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment