Prakiraan Cuaca Hari Ini di Sebagian Wilayah Indonesia Dilanda Hujan

21 June 2023 - 17:24 WIB
Foto: Jawa Pos

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca pada hari, Rabu (21/6/23), dengan sebagian wilayah Indonesia dilanda hujan dan gelombang tinggi.

Dalam keterangannya, BMKG menjelaskan bahwa hujan disertai petir pada hari Rabu ini diperkirakan terjadi di Tarakan. Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Palembang dan Medan seperti dilansir dari tekno.tempo.co, Rabu (21/6/23).

Kemudian hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Serang, Bengkulu, Jakarta Pusat, Jambi, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju dan Padang.

Sementara itu, BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat Sumatra Utara, Samudra Hindia barat Australia, Samudra Pasifik timur Filipina, dan Samudra Pasifik utara Papua.

Sistem tersebut membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Hindia barat daya Bengkulu, dari Laut Halmahera hingga Samudra Pasifik utara Papua Barat, dan di pesisir utara Papua.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Selat Malaka hingga Laut Natuna, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Sulawesi Barat hingga Selat Makassar. Juga di Laut Cina Selatan dan dari Maluku Utara hingga Samudra Pasifik utara Papua Barat. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga:  Polda Jatim Salurkan Bantuan Air Bersih di Jatirejo, Mojokerto

Kemudian untuk suhu udara berkisar 19-36 derajat Celcius dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Banda Aceh.

Prakiraan berbasis dampak hujan lebat dengan status siaga tidak terjadi di provinsi mana pun. Namun, status waspada ditujukan ke Banten, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 21-22 Juni 2023.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari selatan-barat  dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 6-30 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Kepulauan Sangihe hingga Kepulauan Talaud, Laut Sulawesi, Laut Maluku dan perairan Merauke.

Dari kondisi tersebut menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 2,5-4 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia barat Bengkulu hingga Lampung, Samudra Hindia selatan Banten hingga Jawa Timur, Samudra Pasifik utara Halmahera dan perairan Kepulauan Talaud.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment