Polri Kerahkan Tim Inafis Telusuri Penyebab Kilang minyak Balongan

29 March 2024 - 13:34 WIB
www.tribratanews.com. – Jakarta. Polri mengerahkan tim Inafis dan Puslabfor dari Polda Jawa Barat dan Bareskrim Polri untuk menelusuri penyebab ledakan tangki PT. Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Ledakan terjadi pada Senin dini hari tadi, menyebabkan korban luka-luka dan ribuan orang mengungsi.
 
"Iya, mem-backup Inafis Polda," terang Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, S.I.K., M.Si., Senin (29/3/2021).
 
Selain dari kepolisian, personel TNI juga diturunkan untuk melakukan pengamanan di lokasi kejadian. Personel TNI turut membantu mengevakuasi warga karena hingga saat ini asap hitam masih membubung tinggi.
 
Saat ini, ruas jalan menuju lokasi sekitar kilang minyak itu diblokade atau ditutup demi mengantisipasi kejadian susulan.
 
Pertamina RU VI Balongan dibangun pada 1 September 1990 dan mulai beroperasi sejak tahun 1994. Ini merupakan kilang keenam dari tujuh kilang milik Direktorat Pengolahan PT. Pertamina dengan kegiatan bisnis utamanya mengolah minyak mentah menjadi produk-produk BBM, non-BBM, dan petrokimia.
 
Polisi belum mengetahui pasti penyebab ledakan dan kebakaran. Namun, sementara ini ledakan diduga akibat sambaran petir karena saat kejadian sedang hujan deras disertai kilat dan petir.

Share this post

Sign in to leave a comment