Polisi Sebut Pengguna Jalan Mulai Tertib Karena ETLE di Tapin

8 December 2023 - 19:00 WIB
Antaranews

Tribatanews.tribratanews.com - Rantau. Kasatlantas Polres Tapin, AKP Imam Suryana, mengatakan keberadaan kamera tilang elektronik Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) setelah dua minggu uji coba berdampak terhadap pengguna jalan lebih patuh aturan.

"Alhamdulillah dengan terpasangnya ETLE ini sudah ada perubahan, sedikit banyaknya masyarakat mulai mematuhi aturan berlalu lintas," ujarnya, dilansir dari Antaranews, Kamis (07/12/23).

Dalam keterangannya ia mengungkapkan pengendara roda dua mendominasi pelanggaran berdasarkan evaluasi dari hasil tangkapan kamera tilang elektronik terpasang maupun mobile.

Baca Juga: Polri Ungkap Penurunan Angka Kejahatan

"Sementara, paling banyak untuk roda dua tidak memakai helm. Sedangkan untuk mobil tidak menggunakan sabuk pengaman terutama pada malam hari," ujarnya.

Selanjutnya ia menuturkan bahwa Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal berkunjung untuk mengecek terhadap implementasi tilang elektronik di Kabupaten Tapin.

Ia mengungkapkan uji coba tilang elektronik ini tetap sesuai jadwal pada akhir Desember 2023 setelah itu akan diberlakukan pada awal 2024.

"Sebelum menerapkan tilang elektronik, kita akan gencar menggelar sosialisasi. Semoga dengan ada ETLE ini khususnya warga Tapin bisa lebih taat lagi berlalu lintas," jelasnya.

Di akhir kesempatan ia menuturkan bahwa pihaknya masih belum menemukan kendala yang mengganggu operasional tilang elektronik.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment