Polisi Sebut Arus Lalin Kendaraan Dari Jakarta ke Merak Berjalan Normal

23 December 2023 - 19:38 WIB
Antaranews

Tribratanews.tribratanews.com - Merak. Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas Polri), Irjen. Pol. Dr. Drs. Aan Suhanan, M.Si., berdasarkan dari hasil pemantauan di udara, ia menyebutkan arus lalu lintas kendaraan dari Jakarta ke Merak dan sebaliknya Merak ke Jakarta melalui jalan tol berjalan normal.
 
"Kita menjamin arus lalu lintas Jakarta ke Merak dan sebaliknya relatif normal, karena masih di bawah 3.000 kendaraan," ujar, Kakorlantas, dilansir dari Antaranews, Sabtu, (23/12/23).

Pergerakan arus lalu lintas kendaraan dari Jakarta ke Merak masih normal, karena pintu tol di Balaraja masih di bawah 3.000 unit kendaraan per jam.

Pergerakan arus lalu lintas itu dengan menggunakan situasi normal dan belum melakukan delay sistem untuk menahan kendaraan masuk ke Pelabuhan Merak.

Baca Juga: Polda NTT Mengirimkan Ratusan Personel agar Mebantu Polresta Kota Kupang Dalam Amankan Nataru

Sedangkan, volume to capacity ratio (V/C Ratio) atau perbandingan antara jumlah penumpang dan kendaraan dengan kapasitas pelabuhan masih aman dengan 0,3 vc Ratio.
 
Hal itu ditentukan oleh masyarakat sendiri dan berdasarkan laporan Dirut ASDP hanya 1 sekian persen lagi pengendara yang masuk pelabuhan belum memiliki tiket.

Sampai saat ini pisak kepolisian masih bekerja keras agar semua pengendara masuk ke pelabuhan itu sudah memiliki tiket.

Selain itu juga pihaknya sudah mempersiapkan beberapa alternatif jika terjadi cuaca buruk di Perairan Selat Sunda bagian utara sebagai lintasan Penyeberangan Merak - Bakauheni.
 
"Kita sudah menyiapkan alternatif bila terjadi cuaca buruk yang bisa menimbulkan gangguan penyeberangan," jelasnya.
 
(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment