Polda Sumut Kirim Bantuan Material Bangunan untuk Korban Terdampak Gempa di Taput

11 October 2022 - 13:26 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Polda Sumut mengirimkan puluhan truk bantuan, berupa bahan material untuk korban terdampak gempa di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Bahan material bangunan tersebut disalurkan melalui Posko Penanggulangan Bencana Alam Terpadu.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes. Pol. Hadi Wahyudi mengatakan dengan bantuan yang disalurkan melalui Posko gempa Taput itu dapat meringankan dan mempercepat pemulihan kehidupan masyarakat di Taput. Diharapkan, bantuan yang di berikan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak gempa. 

Baca juga: Gempa Bumi Berkekuatan 5,5 Magnitudo Guncang Banten, Terasa di Jakarta

“Sudah terdata, ada 57 truk yang kami kirim ke (Taput) dari Polda Sumut dan jajaran. Kami mengirimkan bantuan bahan material untuk korban yang terdampak gempa,” ungkap kabdihumas, Senin (10/10/22) malam.

Sebelumnya, Polda Sumut dan jajaran telah mengirimkan 12 truk berisikan bantuan sembako untuk korban gempa di Taput. Pihaknya juga sudah mengirimkan 295 personel ke lokasi terdampak gempa guna mendukung upaya penyelamatan, membangun tenda pengungsian dan membersihkan puing reruntuhan akibat gempa.

Sementara itu, Ketua Sekretariat Posko Penanganan Darurat Bencana Alam Gempa Bumi, Taput Indra Sahat Hottua Simaremare menyebut jumlah rumah yang rusak akibat gempa ada 1.285 rumah. Rencananya, rumah tersebut akan direhabilitasi sesuai kategori kerusakan.

(bg/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment