Polda Sumsel Rotasi Rutin dan Jaga Kesehatan Personel Pemadam Karhutla di Lapangan

11 November 2023 - 20:00 WIB
Tribunnews

Tribratanews.tribratanews.com - Palembang. Kepolisian Daerah Sumatera Selatan melakukan rotasi rutin personel yang tergabung dalam tim pemadam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta menjaga kondisi kesehatan mereka melalui pengecekan di lapangan.

"Rotasi personel sepekan sekali dan secara berkala melakukan pemeriksaan kesehatan pada personel yang bertugas menanggulangi kebakaran hutan dan lahan," ujar Kapolres Ogan Komering Ilir (OKI), AKBP Dili Yanto, S.H., MH., dilansir Antaranews, Jumat (10/11/23).

Baca Juga: Bawaslu Ajak Para Guru Edukasi Pemilih Pemula

Dalam keterangannya ia bersama personel kepolisian Polda Sumsel, Polres OKI dan satuan lainnya beserta TNI, Manggala Agni, BPBD dan potensi masyarakat bahu membahu melakukan pencegahan dan pemadaman karhutla di berbagai medan dan tantangan di daerah itu.

Ia menjelaskan upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah OKI kadang terkendala medan yang susah dilalui.

"Untuk menuju lokasi belum ada akses, bahkan tidak bisa dilalui dengan jalan kaki karena sangat banyak semak belukar," ujarnya.

Selanjutnya ia menuturkan apabila diperlukan helikopter dioperasikan untuk melakukan pengeboman air dalam upaya pemadaman kebakaran lahan di area-area yang susah dijangkau dari darat.

Hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir cukup membantu pemadaman api. Namun pada dua hari terakhir titik api muncul lagi di kawasan Cengal, Padamaran dan Jungkal. Timnya diarahkan ke daerah itu.

Ketiga daerah itu memiliki lahan gambut dengan kedalaman tiga hingga empat meter dan ditumbuhi pepohonan gelam yang jika terbakar menimbulkan banyak asap.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment