Polda Sumbar Akan Kawal Proses Penyaluran Bansos

11 May 2020 - 09:00 WIB
www.tribratanews.com – Padang. Kepolisian Daerah Sumatra Barat memerintahkan seluruh jajarannya untuk kembali memantau penyaluran dana bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Seluruh personel di wilayah hukum Polda Sumbar membantu mengawal bansos dari pemerintah setempat. Misalnya melakukan pengecekan ulang secara benar apakah jaring pengaman sosial (JPS) sudah didistribusikan dengan baik.  

Dalam hal tersebut, Kepolisian juga akan mengawal proses pembagian bansos untuk masyarakat. Seperti diketahui masalah pembagian bantuan sosial mulai menimbulkan masalah di tengah masyarakat.  

Seperti yang terjadi baru-baru ini di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Ratusan warga Nagari Rawang Gunung Malelo, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pessel mendatangi kantor Wali Nagari setempat. Mereka memprotes penyaluran bantuan berupa uang tunai yang bersumber dari JPS Provinsi Sumbar, yang mereka anggap tidak adil. Selain itu mereka juga meminta bantuan itu dibagi sama rata untuk semua warga.  

Akibat dari insiden itu, sejumlah barang dan beberapa bagian kantor menjadi rusak. Berberapa bagian kaca kantor juga pecah karena mereka ramai dan berdesak-desakan.  

“Masalah datanya, apakah ada permasalahan atau adanya tumpang tindih lain sebagainya. Nanti kita akan lakukan pengecekan ulang. Kita akan tetap membantu mengawal supaya penyaluran bansos sampai kepada masyarakat,” pungkas Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol. Satake Bayu Setianto.  

(fb/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment