Polda Papua Gelar Latihan Teknis Pra Operasi Rastra Samara

4 February 2022 - 10:30 WIB
www.tribratanews.com – Jayapura. Polda Papua adakan bimbingan teknis Operasi Rastra Samara Kasih Cartenz 2022 Kegiatan ini mengusung tema “Melalui Bimtek Pelatihan Pra Operasi Rasaka Cartenz, Kita Tingkatkan Profesionalisme Personel Polda Papua Dalam Pengamanan Kewilayahan di Provinsi Papua”, kegiatan ini Berlokasi di salah satu hotel di Kota Jayapura.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Papua Brigjen Pol. Eko Rudi Sudarto, Karo Ops Polda Papua I Ketut Gede Wijatmika, PJU Polda Papua dan Kapolres Jajaran Polda Papua.

Wakapolda Papua Brigjen. Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si., mengatakan, untuk menyelesaikan persoalan di tanah Papua menggunakan strategi komunikasi dan dialog inklusif, politik dan tata kelola pemerintahan yang baik dan koordinasi dan kolaborasi dengan menggunakan model.

“Kita mengacu pada UU No. 2/2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia,” ungkap Wakapolda Papua, Kamis (3/2/2022).

Penjaga bangsa dengan kasih di tanah Papua Operasi Kepolisian Rasaka Cartenz mengambil dari bahasa Sansekerta, Rasaka (Rasta Samara Kasih) Cartenz yang secara harfiah memiliki arti; rastra: bangsa, samara: penjaga dan kasih yang memiliki arti rasa memiliki dan menyayangi, bagaimana memberikan yang terbaik untuk orang lain.

Sedangkan Cartenz diambil dari gunung yang memiliki puncak tertinggi di Indonesia dan berada di Papua. Secara filosofi Rastra Samara Kasih Cartenz adalah penjaga bangsa dengan kasih di tanah Papua.

Polri memerlukan pendekatan strategis dalam menciptakan rasa aman bagi masyarakat Papua. Peranan polri menggunakan dua model pemolisian democratic policing dan community policing, sehingga membutuhkan variasi khusus sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat di Papua yang khas.

Share this post

Sign in to leave a comment