Polda NTT Usut Kerumunan dalam Acara yang Dihadiri Gubernur NTT

30 August 2024 - 12:28 WIB
www.tribratanews.com - Kupang. Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur melakukan pengecekan terkait video viral yang menunjukkan kerumunan di Pulau Semau yang dihadiri Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan sejumlah bupati/wali kota se-NTT.

"Menyikapi video viral itu, Polda NTT akan melakukan komunikasi dan koordinasi dengan instansi terkait guna mendapatkan daya dan informasi yang lebih akurat," Ujar Kabid humas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, SH.SIK.MH., Minggu (29/8/2021).

Diketahui, dokumentasi kegiatan tersebar viral di media sosial. Dilihat dari video yang diunggah oleh akun Twitter Corr L.A @jagungtiti71, terekam acara di pinggir pantai. Terlihat ada kursi dan meja serta panggung pertunjukan.

Kejadian tersebut kemudian menimbulkan banyak komentar dan juga beberapa akademisi meminta agar polisi turun tangan untuk menyelidiki dugaan pelanggaran protokol kesehatan di daerah itu.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi memberikan pernyataan singkat saat dimintai konfirmasi. Menurutnya, acara itu bukanlah pesta.

"Acara pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Tidak ada pesta," ujarnya.

Acara yang dimaksud oleh Josef adalah acara pengukuhan TPAKD Kabupaten dan Kota Se-Provinsi NTT. Acara tersebut digelar pada Jumat (27/8), di Desa Otan, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang. Acara itu dihadiri oleh Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Wali Kota, dan Sekda se-NTT. Acara itu bermaksud mendorong pengembangan sektor UMKM.

Wakil Gubernur NTT mengaku tidak mengetahui soal acara konser musik dan sebagainya yang terekam dalam video tersebut.

"Saya jam 04.30 WIB setelah acara pengukuhan pulang ke Kupang," ujarnya.

Sementara itu, Satgas Penanganan COVID-19 menyebut akan mengecek adanya peristiwa tersebut. "Saya perlu cek dulu," kata Kepala Bidang Komunikasi Publik Satgas COVID-19, Herry Trianto, saat dihubungi.

Share this post

Sign in to leave a comment