Polda NTB Sarankan Penonton WSBK 2022 Gunakan Motor ke Sirkuit Mandalika

1 November 2022 - 11:38 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Mataram. Polda Nusa Tenggara Barat menyarankan warga menggunakan sepeda motor ketika ingin menonton WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika pada tanggal 11–13 November mendatang. Hal ini untuk mencegah kemacetan panjang usai balap motor internasional itu digelar.

“Kita sudah melaksanakan hal ini berupa kendaraan roda dua sebagai alat transportasi penonton saat gelaran MXGP lalu. Terbukti lebih mudah mengurai kemacetannya,” ujar Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol. Artanto, S.I.K., M.Si., Senin (31/10/22).

Kemacetan lalu lintas saat gelaran balapan internasional di Sirkuit Mandalika diantisipasi agar tak menyulitkan penonton, oleh sebab itu Polda NTB akan betul–betul memperhatikan rekayasa lalu lintas dari dan menuju Sirkuit Mandalika.

Baca Juga : Polda Bali Larang Penggunaan Knalpot Bising Jelang KTT Presidensi G20

Kabid Humas berkaca pada penyelenggaraan MXGP Samota 2022 di Sumbawa Juni lalu yang tidak menimbulkan kemacetan parah. Bahkan kerumunan kendaraan mudah terurai dan juga mempercepat kepulangan para penonton.

Kabid Humas menjelaskan, kondisi parkir di Sirkuit Mandalika kini lebih lega dengan aturan yang makin longgar. Dia memprediksi kemacetan justru akan dipicu oleh penggunaan kendaraan roda 4 milik pribadi.

“Tempat parkir bukan lagi di tempat yang dulu, parkir di area Sirkuit Mandalika dan banyak diisi oleh kendaraan pribadi,” jelas Pamen Berpangkat Melati Tiga tersebut.

Apabila semua penonton yang jumlahnya puluhan ribu datang menggunakan mobil, diprediksi akan timbul kemacetan.

"Untuk itu kami menyarankan agar penonton WSBK menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor,” tambahnya.

Kabid Humas mengatakan, menggunakan motor lebih fleksibel mencari jalan alternatif jika macet di pintu keluar area Sirkuit Mandalika. Selain itu, menggunakan motor dipercaya Kabid Humas dapat meringankan beban penonton.

“Kalau gunakan motor, warga tidak kerepotan cari tempat parkir, terutama saat mencari tempat rekreasi di sekitaran Mandalika,” ungkapnya.

Berdasarkan pengalaman itu, Kabid Humas menyarankan, agar warga yang hendak menonton WSBK di Sirkuit Mandalika, untuk menggunakan kendaraan roda dua.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment