Polda NTB Hadirkan Layanan Drive-Thru Bagi Lansia

22 March 2024 - 14:52 WIB
www.tribratanews.com. – Lombok. Kapolda NTB, Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., mengatakan pelaksanaan vaksinasi drive-thru merupakan wujud hadirnya negara untuk membantu sekaligus mendorong masyarakat dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Virus Corona, khususnya di Provinsi NTB.
 
"Kami TNI-Polri bersama pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Kesehatan, ingin melakukan upaya proaktif dengan prinsip untuk mempercepat program Vaksinasi Nasional, khususnya di Provinsi NTB," terang Kapolda, Senin (22/3/2021).
 
Target prioritas program Dinas Kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 adalah lansia. Oleh karena itu, pihaknya melakukan sederet upaya agar masyarakat yang tergolong lansia bisa disuntik vaksin melalui drive-thru.

Kapolda berharap, vaksinasi COVID-19 drive-thru juga dapat berjalan di polres jajaran Polda NTB, dengan tetap menggandeng dari pihak Kodim dan pemerintah daerah.

"Pelaksanaan drive-thru vaksinasi ini juga harus mengedepankan SOP yang berlaku. Oleh karena itu, perlu memperhatikan dari aspek keselamatan dan keamanan. Jangan sampai terjadi kecelakaan lalu lintas dan menimbulkan kemacetan. Pelaksanaan vaksinasi juga harus menerapkan prosedur yang berlaku," tutur Kapolda.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Dokter Kesehatan (Kabiddokes) Polda NTB, Kombes Pol. dr. Erwin Zainul Hakim, MARS., M.H.Kes., menyebut, program vaksinasi drive-thru dibagi menjadi dua model. Model pertama adalah drive-thru yang melekat di fasilitas kesehatan dan akan diperuntukkan bagi para lansia.

Adapun drive-thru yang berikutnya akan diadakan di tempat-tempat umum, seperti mall, tempat wisata, pondok pesantren, dan ditempat tempat umum lainnya, serta menyasar semua kalangan, seperti pelaku wisata, pelayan publik, dan masyarakat umum lainnya.

Share this post

Sign in to leave a comment