Polda Kaltim Gelar Bakti Kesehatan Jelang HUT Bhayangkara ke-76

16 June 2022 - 17:54 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Balikpapan. Kepolisian Daerah Kalimantan Timur melaksanakan serangkaian kegiatan bakti kesehatan dalam rangka menjelang Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, yang dilaksanakan di Balikpapan Sport Convention Center Dome, Rabu (15/6/22).

Sebanyak 76 meja beserta 219 tenaga kesehatan disiapkan untuk melakukan khitan kepada sekitar 750 anak-anak usia 5 hingga 15 tahun dengan melibatkan 62 tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Petugas kesehatan Polri dan TNI.

Tangisan dan teriakan sakit anak-anak yang mengikuti sunatan massal didampingi orang tua terdengar silih berganti.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kepolisian Daerah Kaltim, Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si., Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud serta para pimpinan Rumah Sakit dan stakeholder lainnya.

Beliau memberikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini, termasuk kepada Pemkot Balikpapan yang telah berupaya dalam penanganan Covid-19, sehingga pada saat ini Polda Kaltim bisa melaksanakan rangkaian Hari Bhayangkara ke-76.

“Berkat usaha semua pihak kasus Covid-19 di Balikpapan mulai meredah, sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan ini yang mana dua tahun lalu tidak bisa dilaksanakan sama sekali karena adanya pandemi Covid-19,” ujar Jenderal Bintang Dua itu.

Adapun tema HUT Bhayangkara pada tahun ini yakni Polri yang presisi mendukung pemulihan ekonomi dan struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh Indonesia tumbuh.

“Untuk mewujudkan hal tersebut bidang kesehatan Polda Kaltim siap membantu mewujudkan kesehatan masyarakat yang berkualitas dengan berupaya meningkatkan mutu pelayanan,” jelas Kapolda Kaltim.

Bakti Kesehatan diisi dengan kegiatan lainnya seperti operasi bibir sumbing di Rumah Sakit Bhayangkara, donor darah dan vaksinasi yang mana kegiatan tersebut wujud implementasi tanggung jawab sosial jajaran polda Kaltim kepada masyarkat.

“Untuk bibir sumbing ada 22 setelah diskrining ada 16 orang. Yang menarik dari Kaltara datang kesini untuk operasi bibir sumbing dari Kabupaten Nunukan,” ungkap Mantan Asops Kapolri.

“Pada hari ini juga dilakukan khitanan massal yang diikuti 750 anak usia 5-15 tahun. Peserta sunat dari masyarakat umum, anak anggota TNI dan Polri, ” ujar Kapolda Kaltim.

Hal senada disampaikan, Kabid Dokkes Polda Kaltim, Kombes Pol. Dr Djarot Wibowo yang memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini agar bisa berjalan lancar, aman, dan tertib.

“Termasuk kami menyiapkan dua dokter ahli syaraf yang menangani jika ada hal-hal yang diinginkan, mengingat kegiatan ini juga mengandung risiko,” jelas Kabid Dokkes Polda Kaltim.

“Ada 62 tenaga kesehatan yang dilibatkan, dan 229 tenaga operator pendukung,” pungkas Kabid Dokkes.

Share this post

Sign in to leave a comment