Polda Kalteng Gelar Rakor Satgas Penanganan Konflik Sosial untuk Cegah Konflik Sosial

15 December 2023 - 12:30 WIB
Dok. Polda Kalteng

Tribratanews.tribratanews.com - Palangkaraya. Untuk mencegah terjadinya Konflik Sosial, Kapolda Kalteng Irjen. Pol. Drs. Djoko Poerwanto, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Satgas Penanganan Konflik Sosial di Provinsi Kalteng, yang bertempat di Aula Arya Dharma, Polda Kalteng, Kamis (14/12/23).

Kapolda Kalteng dalam sambutannya menyampaikan bahwa konflik sosial merupakan salah satu ancaman terhadap stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Konflik sosial ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Untuk itu diperlukan upaya dalam penanganan dan mencegah terjadinya konflik sosial. Dengan kita tahu lebih awal, maka kita punya waktu yang cukup untuk menyelesaikan persoalan-persoalan itu dengan baik dan benar," jelasnya.
Baca Juga: Polisi Mulai Persiapkan Pengamanan Libur Nataru di Karawang

Kapolda Kalteng mengatakan upaya penghentian konflik dengan membatasi perluasan eskalasi konflik serta pemulihan pasca konflik melalui rekonsiliasi, rehabilitasi dan rekonstruksi. Dan tentunya dengan melibatkan stakeholder terkait secara bersinergis dan komprehensif.

Dikesempatan yang sama Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji, S.IK., M.Si., menyebut, melalui rakor ini dapat dijadikan untuk saling bertukar informasi, guna meningkatkan kemampuan dalam menangani konflik sosial sehingga dapat menciptakan kamtibamas yang aman dan damai, khususnya menjelang Pemilu 2024.

Diakhir kesempatannya, Kabidhumas mengajak seluruh peserta rakor untuk kita bersama-sama mendukung dan mengawal suksesnya pelaksanaan Pesta Demokrasi 2024. Sehingga dapat berlangsung dengan baik, jujur, adil, aman, dan damai.

(rd/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment