Polda Jabar Bantu Evakuasi Longsor di Desa Cigalontang

4 October 2022 - 20:22 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat sebabkan bencana tanah longsor. Sedikitnya tiga rumah dikampung Kanang tiga dan Kampung Ciguntur rusak tertimbun longsor. Polres Tasikmalaya langsung menuju lokasi dan membantu mengevakuasi longsor bersama masyarakat.

Kapolsek Cigalontong Iptu Dian mengatakan, selain menimbun tiga rumah, longsor tebing setinggi belasan meter menutup jalan Parentas. Panjang longsoran mencapai 200 meter dengan kedalaman longsoran 50 centimeter sampai setengah meter. Dipastikan ribuan warga Desa Parentas terisolir akses pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosialnya hingga Selasa (4/10/22) siang.

“Betul akses mengarah dari tasik ke parentas belum bisa terlewati masih dikerjakan BPBD, TNI dan Polri untuk evakuasi material longsoran yang menutup jalan. Tebingnya 10 meter longsor tutup jalan sepanjang 200 meter,” terang Kapolsek Cigalontang.

Untuk akses jalan yang tertimbun ada tiga titik, saat ini tim BPBD, TNI dan Polri tengah melakukan evakuasi material longsoran. Minimal akses jalan itu bisa dilalui oleh kendaraan roda dua untuk memudahkan transportasi.

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment