PM Timor Leste Tiba di Indonesia Untuk KTT ASEAN ke-43

4 September 2023 - 14:49 WIB
Foto: Dok. ASEAN

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, menjadi Kepala Negara kedua yang tiba di Indonesia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 pada 5-7 September 2023.

Xanana tiba di Terminal VVIP Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten pada Senin (4/9/23) sekitar pukul 08.00 WIB. Kehadirannya disambut dengan tarian tradisional khas Indonesia.

Untuk diketahui, terdapat 22 negara yang akan menghadiri KTT ke-43 ASEAN, yaitu 11 negara ASEAN, termasuk Timor Leste dan sembilan negara mitra wicara yakni Korea Selatan, Jepang, India, China, Australia, Selandia Baru, Kanada, Rusia, dan Amerika Serikat.

Baca Juga:  Ingat! Operasi Zebra Dilakukan Dua Pekan, Tujuh Pelanggaran Ditindak

Sementara, kepala negara dari negara mitra yang hadir di KTT ASEAN di antaranya Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris, Perdana Menteri (PM) China Li Qiang, PM Jepang Fumio Kishida, PM Kanada Justin Trudeau, hingga Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol. Sedangkan, Presiden Rusia Vladimir Putin diwakili oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Dua negara yang merupakan undangan, yaitu Bangladesh karena menjadi ketua IORA Indian Ocean Rim Association (IORA). Kemudian, yang satunya lagi Cook Islands karena menjadi ketua PIF, Pacific Islands Forum.

Sembilan organisasi internasional juga diperkirakan hadir. Mereka adalah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), dan World Economic.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment