Perlunya Kesiapsiagaan Hadapi Ancaman Megathrust

7 September 2024 - 08:30 WIB
RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Bagi penduduk di wilayah pesisir yang rentan terdampak gempa megathrust. Masyarakat diimbau memahami pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman gempa megathrust.

"Imbauannya pastinya megathrust itu potensi yang kemungkinan terjadi tapi kapan terjadinya kita tidak ada yang bisa memprediksi. Masyarakat memastikan lokasinya itu punya potensi tsunami atau tidak," ujar Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pangarso Suryotomo, dilansir dari laman RRI, Jumat (6/9/24).

Dalam kesempatannya ia menyampaikan bahwa BNPB telah melakukan berbagai langkah penguatan melalui program Desa Tangguh Bencana. Salah satu upaya utama adalah pelatihan evakuasi mandiri yang dilakukan oleh masyarakat.

"Latihan evakuasi mandiri ini dilakukan oleh masyarakat jika ada potensi, ada gempa yang dirasa cukup ini membahayakan. Sehingga masyarakat harus segera melakukan aksi, melakukan evakuasi ke daerah yang aman yang disebut sebagai tempat evakuasi," jelasnya.

Dalam pelatihan ini, masyarakat diajarkan untuk segera bergerak menuju titik evakuasi yang telah ditentukan. Program telah diimplementasikan di ratusan desa di Indonesia, dengan tujuan agar warga siap menghadapi potensi megathrust.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment