Perekrutan Taruna Akpol Capai 12.168 Pendaftar, 302 Orang Lolos

25 July 2023 - 14:26 WIB
Foto: Dok. Humas Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Polri menyatakan animo masyarakat atas rekrutmen Taruna Akpol Tahun Anggaran 2023 cukup besar. Bahkan, penerimaan tahun ini mencapai 12.168 pendaftar.

"Terkait rekrutmen Taruna Akpol Tahun Anggaran 2023, animo masyarakat cukup besar terlihat dari jumlah pendaftar sebanyak 12.168 orang dan yang lulus terpilih sebanyak 302 orang Taruna Akpol," ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Ahmad Ramadhan, dalam konferensi pers, Selasa (25/7/23).

Baca Juga:  Polisi Periksa Anak Panji Gumilang Hari Ini

Karopenmas menegaskan, dalam setiap proses rekrutmen taruna Akpol, Polri selalu melibatkan tim pengawas eksternal.

"Dalam setiap rekrutmen, Polri mengikutsertakan pengawas eksternal yang ikut mengawasi proses dan tahapan seleksi. Polri dan Kompolnas menggandeng Ikatan Dokter Indonesia, Perhimpunan Psikologi, Dukcapil, Kementerian Pendidikan, serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)," ujar Karopenmas.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam proses rekrutmen anggota Polri dengan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis), mengedepankan sistem digitalisasi dalam setiap tahapan proses rekrutmen anggota baru, mulai dari pendaftaran hingga tahapan seleksi masuk calon anggota Polri ditingkat Akpol, SIPSS, Bintara dan Tamtama. Menurutnya, ini sebagai wujud transparansi Polri dalam pelaksanaan rekrutmen anggota baru di era presisi.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment