Pemerintah RI Targetkan Pipa Gas 400Km Dumai-Sei Mangkei Rampung 2027

8 January 2024 - 17:00 WIB
Dok.Okezone

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan Pemerintah Indonesia akan segera memulai pembangunan pipa gas bumi Dumai-Sei Mangke sepanjang 400 kilometer (km). Total anggaran proyek ini mencapai Rp6,6 triliun dan ditargetkan selesai pada 2027.

Pembangunan transmisi pipa gas bumi merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Total anggaran yang akan dipakai untuk pembuatan pipa gas Dumai-Sei Mangkei sebesar Rp 6,6 triliun, dan akan menyalurkan potensi gas bumi dari Wilayah Kerja (WK) Agung dan Andaman di Aceh untuk dimanfaatkan di Jawa dan Sumatera.

Baca Juga: Polda Bali Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu 2024 Aman dan Damai

Menteri ESDM mengatakan jika proyek pipa gas Dumai - Sei Mangkei sudah selesai, maka jaringan pipa gas bumi akan tersambung dari Aceh hingga Jawa Timur. Seiring dengan penyelesaian ruas pipa gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) Tahap I yang telah selesai pada tahun 2023 dan pipa gas bumi Cisem Tahap II yang dijadwalkan rampung tahun 2025.

"Ini ke depannya yang kita bikin mudah, sehingga affordable buat masyarakat, dan harganya bisa kompetitif dan bisa lebih murah dibandingkan dengan LPG," jelasnya, dikutip dari cnbc Senin (8/1/24).

Diperkirakan akan ada penambahan penerima jaringan gas kota (jargas) di Cisem sebanyak 300 ribu sambungan rumah tangga (SR) dan Dumai-Sei Mangke sebanyak 600 ribu SR. Dari angka tersebut akan mengurangi subsidi LPG 3 kg sebanyak Rp 630 miliar per tahun, dan akan menghemat devisa impor LPG sebesar Rp 1,08 triliun per tahun.

(rd/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment