Pasca Bencana Banjir, Kapolda Bali Minta Jembatan Biluk Poh Diuji Kelayakan

19 October 2022 - 08:02 WIB
deteksipost.com

Tribratanews.tribratanews.com - Denpasar. Kapolda Bali, Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., melakukan pengecekan ke lokasi banjir bandang di Biluk Poh Kangin, Kelurahan Tegal Cangkring, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Senin (17/10/22) sore.

Kedatangan Kapolda Bali sekaligus melihat langsung kelayakan jembatan Biluk Poh yang menghubungkan jalur Gilimanuk-Denpasar, serta memantau pelaksanaan kegiatan pembersihan material sisa banjir dan kondisi sekitar yang terdampak.

Kapolda Bali mengimbau kepada masyarakat agar bersabar menunggu hasil uji kelayakan dari Balai Jalan untuk kepastian apakah jembatan Biluk Poh masih layak atau tidak untuk dilewati. Upaya ini agar tidak menimbulkan korban lebih banyak.

"Kalau dilihat dari hantaman kayu-kayu besar itu, pasti merubah struktur bawah jembatannya. Untuk itu, kita minta pengertian dari masyarakat bagi yang ingin melintasi jalur ini agar mencari jalan alternatif lainnya,” ujar Kapolda Bali didampingi Kapolres Jembrana.

Kapolda Bali menyadari bahwa jalur penghubung Gilimanuk-Denpasar merupakan urat nadi yang banyak dilewati kendaraan angkutan barang.

“Agar tidak terjebak di sini terlalu lama bisa menggunakan jalur alternatif ke Singaraja yang dari Gilimanuk ke Denpasar dan begitupun sebaliknya," sambung Kapolda Bali.

Untuk saat ini juga kendaraan kecil seperti sepeda motor dilewatkan dengan sistem buka tutup dan satu persatu, serta tidak beriringan supaya mengurangi beban jembatan supaya tidak ambruk. Begitu juga dengan warga yang lalu lalang di atas jembatan dikurangi.

Kapolda Bali mengimbau kepada masyarakat yang berada di bantaran sungai, lereng-lereng atau tempat-tempat lain yang berpotensi rawan longsor supaya tetap waspada.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment