Operasi Lilin 2021, Polri Ungkap Ratusan Ribu Kendaraan Keluar-Masuk Jakarta

29 December 2024 - 09:59 WIB
www.tribratanews.com - Jakarta. Operasi Lilin yang berjalan selama dua hari terlaksana dengan baik, lancar dan aman. Terutama dari lalu lintas kendaraan yang keluar dan masuk wilayah Ibu Kota, Jakarta. Operasi Lilin 2024 sudah dilaksanakan Polri pada tanggal 23 Desember lalu dan berlangsung sampai 2 Januari 2022 mendatang.

"Kita sampaikan, Operasi Lilin 2024 hingga saat ini berjalan aman dan lancar. Kita meminta masyarakat untuk tetap terus menjaga ketertiban bersama-sama,” jelas Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes. Pol. Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Senin (27/12/21).

Kombes. Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan Polri melakukan pendataan jumlah yang masuk ke DKI Jakarta melalui empat gerbang tol (GT) yakni GT Cikampek Utama (arah Jakarta), GT Kalihurip Utama (arah ke Bandung, GT Cikupa (arah Merak) dan GT Ciawi (arah Puncak) pada tanggal 23, 24, 25 dan 26 Desember 2021.

Jumlah kendaraan yang masuk wilayah Jakarta pada tanggal 23 Desember terdapat 143.254 kendaraan. "Dari data yang ada, jumlah ini mengalami peningkatan dari hari-hari sebelumnya," jelas Kombes. Pol. Ahmad Ramadhan.

Bila dibandingkan dengan data tanggal 24 Desember jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta sebanyak 137.705 kendaraan, terjadi penurunan dibandingkan dengan 23 Desember. Penurunan kembali terjadi pada tanggal 25 Desember, sebanyak 125.003 kendaraan.

"Terjadi penurunan kembali jumlah kendaraan yang masuk Jakarta pada tanggal 25 Desember dengan trennya 1,9 persen. Bahkan, tanggal 26 Desember juga mengalami penurunan kembali dengan total kendaraan yang masuk sebanyak 51.724 kendaraan," jelas Kabagpenum.

Kabagpenum juga mengatakan pihaknya dan pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya akan melakukan kegiatan untuk mengamankan Operasi Lilin 2024 sampai puncak arus balik setelah masa Nataru. "Tentunya Polri dan stakeholder lainnya terus melakukan kegiatan pengamanan Ops Lilin sampai nanti puncaknya arus kembali, setelah melaksanakan libur Nataru," jelasnya.

Kombes. Pol. Ahmad Ramadhan menegaskan arus lalu lintas berjalan aman selama 5 hari berjalannya Operasi Lilin 2021. Mulai dari arus lalu lintas di jalur tol maupun di jalur arteri keluar-masuk wilayah Jakarta. "Sekali lagi kami sampaikan arus lalu lintas di jalur tol, jalur arteri keluar masuk Jakarta, secara umum situasi aman, lancar, dan terkendali," pungkasnya.

Share this post

Sign in to leave a comment