Minimalisir Miskomunikasi antara Polri dan Masyarakat di SPKT, Polri Tempuh Cara Ini

21 June 2023 - 13:37 WIB
Foto: Tangkapan Layar

Tribatanews.tribratanews.com - Jakarta. Kabagpangkat Robinkar SSDM Polri Kombes Pol. Harry Haryadi menyebut jika Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) merupakan garda terdepan komunikasi antara polisi dengan masyarakat.

Salah satu tugas utama seorang personel SPKT adalah menerima dan mendengar aduan masyarakat. Di tahap ini, miskomunikasi memang acap kali terjadi.

"Yang pertama mungkin adalah ketika menyampaikan permasalahan tidak jelas. Atau yang kedua, bisa jadi dari si polisinya salah dalam menerima laporan atau menanggapinya," ujar Kombes Pol. Harry dalam acara Dialog Divhumas Polri, Rabu (21/6/23).

Baca Juga:  18-19 Juni 2023, Angka Kejahatan Turun 76 Persen

Untuk meminimalisir miskomunikasi tersebut, Polri kini menurunkan personel di SPKT yang memiliki fungsi tugas berbeda. Tujuannya, ketika menerima aduan, akan ada ruang diskusi antara personel dengan masyarakat.

Hal itu diharapkan dapat membuat masyarakat lebih nyaman dan aman ketika mengadu.

"Ada fungsi intel, fungsi reskrim, diharapkan ketika masyarakat melapor, personel bisa bantu memahami situasi. Apalagi ketika menyangkut sisi psikologi pelapor," terang Kombes Pol. Harry.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment