Menteri PUPR: Landasan Pacu di Bandara IKN Telah Rampung

13 September 2024 - 11:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pembangunan landasan pacu atau runway, jalur taxi, dan apron bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah selesai.

"Bandara Insya Allah sudah selesai, dan makanya saya mau lihat, karena besok Bapak Presiden RI akan ke sana. Kami dari prasarana runway, taxi, dan apron sudah selesai," ujar Menteri Basuki, Rabu (11/9/24).

Sementara, mengenai operasional landasan bandara tersebut, Menteri Basuki menyampaikan hal itu tergantung pada Menteri Perhubungan terkait laik fungsinya.

"Ini tergantung dengan Menteri Perhubungan karena laik fungsinya dari Kementerian Perhubungan. Menteri Perhubungan sudah menempatkan tim uji laik fungsi di sana," ungkap Menteri Basuki.

Ia mengatakan landasan pacu bandara IKN tinggal dipasangi lampu-lampu untuk runway. "Saya kira harus ada lampu-lampu dulu, itu yang belum, mudah-mudahan bisa segera," terang Menteri Basuki.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan telah melaksanakan proses kalibrasi terhadap seluruh fasilitas dan peralatan di Bandara Nusantara di IKN guna memastikan kesiapan operasional bandara sesuai dengan standar keselamatan penerbangan.

Proses kalibrasi bandara dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan, serta untuk memastikan pengoperasian peralatan pendukung transportasi udara berjalan dengan benar dan akurat.

Kalibrasi merupakan tahap awal dari serangkaian evaluasi yang dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan di sebuah bandara. Proses ini mencakup penyetelan dan pengujian terhadap peralatan bantu pendaratan seperti radar dan sistem navigasi.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment