Menteri LHK Minta Pemudik Tak Buang Sampah Sembarangan

19 April 2023 - 07:15 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengimbau para pemudik untuk tidak membuang sampah sembarangan selama dalam perjalanan mudik.

"Selamat menempuh perjalanan, selamat sampai tujuan, dan jangan lupa tetap minim sampah, dikelola sampahnya," ujar Menteri Siti Nurbaya di Jakarta, Selasa (18/4/2023).

KLHK telah menerbitkan Surat Edaran Menteri LHK Nomor 2 Tahun 2023 kepada seluruh kepala daerah di Indonesia, untuk mengurangi timbunan sampah selama Ramadan, mudik, dan lebaran.

Baca Juga: Amankan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023, Kakorlantas Polri Lepas Tim Pamatwil dan Mobile Command Centre

Surat edaran itu berbunyi imbauan pemerintah daerah agar menyiapkan fasilitas pemilahan sampah di sepanjang jalur mudik. Selain itu, KLHK juga mengimbau pengelola bandara, pelabuhan, terminal hingga tempat istirahat di jalan bebas hambatan, supaya menyediakan fasilitas pengolahan sampah.

"Berdasarkan perhitungan KLHK, setiap orang menghasilkan sekitar 0,7 kilogram sampah per hari. Oleh karena itu, KLHK bekerja sama dengan setiap Pemda untuk mengantisipasi supaya sampah tidak membludak," tutup Menteri Siti Nurbaya.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment