Menparekraf: Keselamatan Wisatawan Jadi Prioritas Utama di Sektor Pariwisata

5 August 2024 - 13:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menilai keselamatan wisatawan menjadi prioritas utama bagi pariwisata di Indonesia.

Sebelumnya, seorang wisatawan asal Tiongkok meninggal dunia di salah satu hotel di Batam. 

"Kami akan menurunkan tim untuk memastikan aspek keselamatan dan keamanan. Sebab keselamatan menjadi prioritas utama, bukan hanya di Batam, tapi di seluruh wilayah nusantara," ujar Menteri Sandiaga, Senin (5/8/24).

Ia mengatakan, wisatawan perempuan tersebut meninggal dunia pada Sabtu (3/8/2024). Menurut keterangan kepolisian setempat, warga negara asing tersebut, tewas usai terjun dari lantai 6 hotel di Batam.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3.4 Guncang Wilayah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

"Kami sangat prihatin atas kecelakaan yang menimpa WNA dari China ini. Hal ini sangat serius," ujar Menteri Sandiaga.

Menurut Menteri Sandiaga, langkah mitigasi perlu dilakukan dengan membangun komunikasi bersama pemangku kepentingan terkait. Hal ini dilakukan untuk mencegah kejadian serupa tidak terulang kembali. 

"Kita harus komunikasikan bahwa ini kita ambil langkah-langkah mitigasi. Sehingga peristiwa itu tidak terulang kembali," tegas Menteri Sandiaga.

Usai pandemi Covid-19, kata Menteri Sandiaga, sektor ekonomi kreatif terus mengalami peningkatan mencapai 1,400 triliun atau 8 persen dari PDB Indonesia. Sektor ekonomi kreatif yang terus berbenah itu akan membuka lapangan kerja sekitar 25 juta.

“Setelah COVID-19 ini sektor ekonomi kreatif adalah sektor yang paling cepat berkembang. Untuk terus mempertahankan, diperlukan langkah-langkah strategis yang dilakukan seperti memberikan bantuan pelatihan kepada pelaku usaha," terang Menteri Sandiaga.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment