Menkopolhukam Tegaskan Koordinasi Jelang Pilkada Harus Dimasifkan

26 August 2024 - 21:57 WIB
Dokumentasi Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto, meminta KPU dan Bawaslu untuk meningkatkan koordinasi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

“Mulai besok, tahapan pencalonan pemilu, kita akan perkuat silaturahim, kita akan sering mengadakan rapat koordinasi sekecil apa pun (masalah), kita akan bicarakan dan bagaimana penyelesaiannya,” ujarnya dikutip dari Antara, Senin (26/8/24).

Ia menyatakan, dengan diluncurkannya pemetaan kerawanan dan kajian mitigasi untuk penyelenggaraan pilkada serentak, koordinasi bersama kementerian/lembaga terkait harus segera dilakukan. Kemudian, dilakukan tindaklanjut sesuai tugas pokok dan fungsinya.

“Agar penyelenggaraan pilkada dapat berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Lebih lanjut ia pun mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk menggunakan pemetaan kerawanan tersebut sebagai panduan dalam bertindak, serta melakukan update atau pembaharuan informasi terkait kondisi terkini di lapangan. Mitigasi pun dicamkannya harus dilakukan segera.

“TNI, BSSN, dan kepolisian, semua terus akan melakukan koordinasi dan terus mendeteksi,” ungkapnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment