Menko Polhukam Minta Jajarannya Kerja Sama dengan Media untuk Tangkal Hoaks Pilkada

5 September 2024 - 10:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto meminta seluruh instansi yang ada di bawahnya untuk bekerja sama dengan media massa dalam menangkal berita hoaks selama Pilkada 2024.

"Tingkatkan kualitas dan kemampuan dalam menjalankan tugas dan fungsi, khususnya dalam mendukung proses pilkada yang informatif dan transparan," tegas Menko Polhukam, Rabu (4/9/24).

Menurut Menko Polhukam, media massa memiliki peran penting dalam mendidik masyarakat dengan menyajikan berita yang berimbang dan penuh fakta.

Peran media massa juga sangat berpengaruh dalam menangkal derasnya aliran isu hoaks di media sosial tentang pilkada.

Apalagi, kata Menko Polhukam, penyebaran isu hoaks di media sosial cukup berbahaya lantaran dapat menyulut konflik di tengah masyarakat. Konflik tersebut, dapat berkembang menjadi besar dan menciptakan situasi yang tidak kondusif di tengah masyarakat.

Karenanya, Menko Polhukam berharap pemerintah dan media massa dapat berkolaborasi dalam menekan konflik selama pilkada melalui pemberitaan yang akurat dan berimbang.

"Seluruh bangsa Indonesia berharap insan pers terus menjadi penopang demokrasi yang sehat, kuat, dan berkualitas," ujar Menko Polhukam.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment